Cermat Memilih Tabir Surya Untuk Hidup Lebih Baik

12 September 2019 - Kategori Blog

Tabir surya atau Sunscreen sudah merupakan produk yang umum dikenal dalam dunia perawatan kulit. Apalagi bagi mereka yang tinggal di kondisi alam tropis seperti di Indonesia tentu sangat memerlukan produk yang satu ini jika sering berada di luar ruangan. Nah, salah satu hal yang penting diperhatikan dalam memilih produk tabir surya yang tepat dan efektif untuk melindungi kulit adalah dengan memperhatikan nilai SPF (Sun Protection Factor) pada produk Sunscreen yang ingin Anda beli.

Kenali Arti Sun Protection Factor (SPF) Pada Sunscreen

Sun Protection Factor (SPF) merupakan nilai yang penting untuk menunjukkan keefektifan sunscreen dalam menangkal sinar UVB (panjang gelombang 290 – 320 nm) yang dapat menyebabkan kulit merah dan terbakar. Menurut Skin Cancer Foundation di Amerika, jika kulit tanpa perlindungan Sunscreen akan memerah setelah 20 menit terkena paparan sinar UVB. Sedangkan kulit dengan perlindungan Sunscreen dengan kandungan SPF 35 akan terlindungi selama 20 menit x 35 yaitu sekitar 11 jam. Jumlah waktu tersebut sudah sangat cukup untuk melindungi kulit dalam penggunaan sehari-hari. AquaSense Sunscreen adalah produk tabir surya dari Group Shuang Hor yang memiliki nilai SPF 35, yaitu nilai yang sangat memadai untuk memberikan perlindunga terhadap sinar UVB.

Terlindung Dari Sinar UVB, Bagaimana Dengan UVA?

Sinar UVA merupakan sinar yang justru lebih membahayakan kulit karena memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dibandingkan UVB yaitu 320 – 400 nm, sehingga langsung menembus ke bagian dalam kulit dan menyebabkan penuaan kulit seperti keriput, kerutan, pigmentasi, bahkan kanker kulit. Terlebih lagi, sinar UVA ini mampu menembus dinding dan jendela rumah. Oleh karena itu, kulit juga memerlukan produk Sunscreen yang memiliki nilai PA (Protection Factor UVA) yaitu tingkat perlindungan terhadap sinar UVA. Japanese Cosmetic Industry Association (JCIA) menetapkan 3 kategori nilai PA, yaitu PA+, PA++, dan PA+++. Semakin banyak tanda positif (+) pada nilai PA, maka nilai Ketahanan Penggelapan Pigmen (PPD) akan semakin tinggi. AquaSense Sunscreen memiliki nilai PA+++ sehingga dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar UVA.

Harus Pintar Memilih Perlindungan Yang Aman

Pada umumnya, produk Sunscreen di pasaran mengandung penyaring sinar UV yang berasal dari bahan kimia yang dapat terserap ke dalam lapisan kulit dan menimbulkan berbagai reaksi penyebab kanker. Perlindungan sinar UV yang lebih aman adalah secara fisika, yaitu dengan menggunakan partikel berukuran nano yang hanya menyelimuti lapisan terluar kulit tanpa terserap masuk ke dalam kulit dan aliran darah. Sinar UV yang mengenai kulit akan dipantulkan seperti cara kerja cermin oleh partikel nano ini sehingga tidak ada yang terserap masuk ke dalam kulit dan tidak menimbulkan dampak buruk terhadap kulit. Manfaat ini ada pada AquaSense Sunscreen yang melindungi kulit dengan kandungan nano partikelnya, yaitu Zink Oksida dan Titanium Dioksida sehingga sangat aman untuk kulit.

aquasense sunscreen

 
Chat via Whatsapp