Terpopuler:

Ini Yang Akan Terjadi Jika Tidak Menjaga Kesehatan Persendian Sedini Mungkin

05 August 2020 - Kategori Blog

tulang dan sendi sehatDari sejak kecil anak-anak sudah mampu melakukan bermacam jenis gerakan dengan lincah. Misalnya berjalan, melompat dan melakukan segala jenis gerakan lainnya. Semua ini dikarenakan ke-206 tulang kita dihubungkan oleh persendian tulang rawan. Persendian ini juga bermanfaat sebagai bantalan untuk mencegah terjadinya keseleo, luka dan benturan. Namun seiring dengan bertambahnya usia yang juga mengakibatkan persendian menjadi aus, penipisan tulang rawan akan mengakibatkan penyempitan ruang antar-persendian, yang pada akhirnya mengakibatkan terbentuknya tulang rawan muda.

struktur persendiantulang dan sendi manusiaSalah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah kolagen. Kolagen merupakan komponen penting dari tulang rawan pada persendian. Kolagen adalah protein yang sangat penting dan dapat diproduksi secara alami dari dalam tubuh. Akan tetapi produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia (Varani et al in “The American Journal of Pathology” 2006).

Pada tahap awal terjadinya degenerasi tulang rawan, setiap gerakan pada persendian akan menimbulkan suara, dan bila mengangkat beban berat akan menyebabkan nyeri. Keadaan menjadi semakin buruk ketika terjadi kerusakan tulang rawan dan bahkan pergeseran tulang. Hal ini pastinya akan menyebabkan kegiatan kita semakin terbatas seiring dengan bertambahnya nyeri sendi dan bertumbuhnay tulang rawan muda.

Yang lebih buruk lagi adalah ketika bantalan pelindung pada persendian menipis dan menjadi habis. Hal ini akan meningkatkan terjadinya gesekan dan benturan yang akan menghambat pergerakan pada persendian dan menimbulkan rasa sakit yang sangat menyiksa.

Karena itu, untuk mencegah terjadinya degenerasi persendian prematur, kita harus menjaga kekuatan rangka dengan cara menjaga kesehatan persendian sedini mungkin.

Sumber : Majalah Shuang Hor Edisi 4 (Okt-Des 2016)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Yuks tanya2 disini..