Terpopuler:

Kulit Tangan Menjadi Kering Karena Sabun Cuci Piring? Gampang Kok Cara Mengatasinya.

30 June 2020 - Kategori Blog

kulit kering karena mencuci piringDi musim pandemi dan PSBB ini, tentunya kebanyakkan anggota keluarga tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran infeksi virus Corona (Corona Virus). Akibatnya para ibu jadi lebih sering memasak agar kesehatan dan kebersihan makanan bagi anggota keluarga lebih terjaga. Efeknya adalah lebih banyak perabot dapur dan alat makan yang harus dicuci setiap hari. Jika kulit tangan sering terpapar sabun cuci piring maka bisa menjadi kering, terkelupas atau iritasi. Bagi beberapa orang yang memiliki jenis kulit lebih sensitif bahkan dapat menyebabkan timbul ruam atau luka.

Umumnya gejala tersebut muncul pada bagian punggung tangan atau pada sela-sela jari yang memiliki lapisan kulit lebih tipis dibanding bagian telapak tangan. Mengatasinya tentu bukan dengan cara tidak sering mencuci piring atau peralatan dapur lainnya yang sudah digunakan. Karena mencuci bersih peralatan makan juga penting untuk menjaga kebersihan dan melindungi diri dari infeksi kuman penyakit terutama di tengah wabah virus Corona saat ini.

Agar kulit tangan tetap terawat dan terjaga kelembutannya walau sering terkena sabun cuci piring, perhatikanlah hal-hal berikut ini :

  1. Lebih cermat dalam memilih sabun cuci piring
    Dalam memilih bahan pembersih rumah tangga, seperti sabun cuci piring, kebanyakkan orang hanya memperhatikan segi manfaat atau kekuatan membersihkannya saja. Sedangkan jika ingin menjaga kesehatan kulit tangan maka penting untuk memilih produk pembersih rumah tangga dengan bahan yang memiliki nilai pH yang aman bagi kulit.
    Nilai pH menunjukkan tingkat keasaman suatu produk. Skala pH berkisar antara 1-14 dan pH 7 merupakan pH netral. Nilai pH <7 adalah asam dan pH >7 adalah basa. Bahan pembersih dengan pH <5 (bersifat asam kuat) atau pH >9 (bersifat basa kuat) dapat menyebabkan iritasi kulit dan memicu alergi kulit.
  2. Gunakan air biasa
    Air panas atau hangat memang lebih mudah menghilangkan minyak atau lemak sisa makanan. Akan tetapi minyak alami pada kulit juga akan lebih mudah hilang jika terkena air hangat. Jika hal ini sering terjadi maka dapat menyebabkan kulit menjadi tidak terjaga kelembabannya.
  3. Proses pengeringan tangan yang benar
    Setelah selesai mencuci piring, keringkanlah tangan Anda dengan benar. Sebaiknya jangan menggosokkan handuk, lap atau kertas tissue pada kulit. Cukup tempelkan atau tepuk berulang-ulang pada tangan hingga kering.
  4. Menggunakan pelembab kulit
    Untuk menjaga agar kulit tetap lembab dan sehat maka gunakanlah pelembab kulit secara teratur. Apalagi jika jenis kulit Anda cenderung kering maka Anda perlu memberikan perhatian khusus pada kulit Anda. Pilihlah pelembab kulit yang kaya akan kandungan bahan alami seperti minyak nabati agar cepat meresap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket atau berminyak pada kulit.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Yuks tanya2 disini..