Terpopuler:

Pria Lebih Cepat Kurus Daripada Wanita? Masa sih?!

20 April 2017 - Kategori Blog

pria lebih cepat kurus daripada wanitaSeorang teman pernah curhat seperti ini “udah cape-cape olahraga, disiplin ketat sama menu diet tapi kayaknya paling banyak turun 1kg. Sedangkan teman kantornya yang pria cuma diet on-off aja bisa lebih banyak penurunan beratnya dalam waktu yang sama. Gak fair banget nih!”

Bagaimana? Pernah denger curhatan yang sama? Atau malahan Sista juga ngalamin sendiri? Kalo gitu bener dong yah ada yang kurang fair nih..!! Eiitss…tunggu dulu. Jangan dulu merasa kurang fair atau merasa ada yang kurang atau salah dengan diet atau latihan yang sudah dilakukan selama ini. Sebenarnya yang terjadi adalah memang pria dan wanita mempunyai beberapa perbedaan, dan perbedaan tersebut dapat mempunyai pengaruh pada laju penurunan berat badan yang dilakukan oleh wanita. Nah, pertanyaannya adalah mengapa pria cenderung lebih cepat dan mudah dalam menurunkan berat badan dibandingkan wanita?

Faktanya Tentang Penurunan Berat Badan Pada Wanita

Jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi dasarnya ditentukan oleh beberapa hal. Yang pertama adalah dari ukuran tubuh atau fisik. Fisik yang lebih besar akan membutuhkan lebih banyak kalori untuk aktivitasnya dibandingkan dengan yang lebih kecil. Ukuran fisik pria pada umumnya lebih besar daripada wanita. Ini adalah hal pertama yang bisa menguntungkan kaum pria dalam usahanya menurunkan berat badan.

masalah berat badanBerikutnya adalah komposisi lemak dan otot dalam tubuh. Jaringan otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak terutama pada saat berolahraga. Artinya adalah semakin besar otot yang dimiliki tubuh maka akan semakin banyak kalori yang terbakar setiap harinya. Nah, kebanyakkan pria tidak hanya lebih besar secara fisik, tapi juga memiliki otot yang lebih besar daripada wanita.

Fakta selanjutnya adalah, kaum pria juga cenderung membakar lebih banyak kalori selama berolahraga. Hal ini bukan karena pria lebih intens atau giat dalam berolahraga, akan tetapi karena ukuran tubuh yang lebih besar dan berat tentunya akan membutuhkan jumlah kalori yang lebih banyak untuk operasionalnya. Artinya, jika seorang pria seberat 80kg berlari dengan kecepatan dan menempuh jarak yang sama dengan seorang wanita seberat 50kg maka tubuh pria tersebut akan membakar jumlah kalori yang lebih banyak dibandingkan tubuh yang wanita.

Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan usaha dan kondisi yang sama maka rata-rata pria akan lebih cepat dalam mengurangi atau jika ingin menjaga berat tubuhnya yang diinginkan dibandingkan dengan rata-rata wanita. Hal ini dikarenakan perbedaan alamiah fisik pria dan wanita yang membuat tubuh pria cenderung lebih banyak membuang kalori.

Terlepas dari fakta diatas, hasil yang akan Anda dapat lebih ditentukan oleh usaha dan komitmen Anda sendiri. Selain berolahraga teratur, dengan mengkonsumsi protein dan serat seperti Jia Hor Soya Protein Powder dan Jia Hor Hi-Fibre akan sangat membantu tubuh Anda tetap fit dan sehat. Hal ini penting agar usaha Anda menurunkan berat bada tidak sampai mempengaruhi rutinitas sehari-hari.

berolahraga bersama pasangan atau temanSedikit tips ringan tapi cukup bermanfaat dalam hal ini adalah dalam usaha Anda menurunkan berat badan akan lebih baik jika dapat melakukannya bersama pasangan atau teman. Selain dapat saling memotivasi, teman atau pasangan Anda mungkin juga dapat memberikan masukkan lain yang mungkin akan membuat usaha Anda dalam menurunkan berat badan menjadi semakin menyenangkan atau bahkan semakin cepat terlihat hasilnya.