Terpopuler:

Saatnya Anda Melakukan Medical Check Up

15 January 2020 - Kategori Blog

pemeriksaan kesehatan rutinKesehatan merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Tanpa tubuh yang sehat hampir mustahil bagi kita untuk dapat menikmati hidup. Walaupun demikian, masih banyak orang yang tidak terlalu peduli mengenai kondisi kesehatannya. Banyak juga yang hanya asal mengonsumsi obat dan suplemen tanpa mengetahui apakah tubuh mereka memang membutuhkannya. Maka ada baiknya bila kita melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap tubuh kita, sehingga kita dapat mengetahui kondisi terkininya dan memberikannya perawatan yang tepat sasaran.

Melakukan Medical Check Up

Medical Check Up (MCU) adalah suatu pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh. Pemeriksaan ini diharapkan dapat mendeteksi secara dini suatu penyakit, maupun potensi gangguan kesehatan yang mungkin timbul di masa depan. Pemeriksaan ini juga berguna untuk merencanakan metode penanganan dan terapi pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang. Banyak alasan orang tidak mau melakukan MCU, diantaranya karena biayanya yang mahal, serta merasa masih mudan dan sehat. Padahal MCU dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia, mulai dari bayi hingga lansia.

Pada saat MCU, pasien akan menjalani sejumlah tahapan pemeriksaan, mulai dari konsultasi mengenai keluhan yang dirasakan, pencatatan dan pemeriksaan yang berkaitan dengan riwayat kesehatan, pemeriksaan tanda vital tubuh dan kondisi fisik secara umum. MCU secara rutin dapat meningkatkan peluang untuk tetap sehat dan memiliki usia yang lebih panjang. Karena apabila telah mengetahui kondisi terkini tubuhnya, tentu seseorang akan terdorong untuk beralih ke gaya hidup yang lebih sesuai dan sehat demi perbaikan ataupun mempertahankan kesehatannya.

Persiapan Untuk Medical Check Up

Persiapan sebelum melakukan MCU sangat berkaitan dengan pemeriksaan yang akan dilakukan dan biasanya telah diberitahukan sebelumnya oleh dokter atau perawat. Jangan pernah mengabaikan prosedur persiapan MCU yang telah diberitahukan kepada kita, karena persiapan tersebut akan sangat berdampak pula pada akurasi hasil pemeriksaan dan tindak lanjutnya. medical check upBerikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum MCU :

  • Terbuka
    Informasikan kepada dokter atau perawat mengenai hal yang berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh Anda saat itu. Kemudian informasikan juga apabila sedang menjalani pola makan atau diet tertentu, mengonsumsi obat-obatan termasuk suplemen dan produk herbal.
  • Kelengkapan
    Bawa semua data medis penting yang perlu disampaikan kepada dokter atau perawat, seperti hasil foto Rontgen atau hasil pemeriksaan kesehatan sebelumnya. Usahakan agar Anda ditemani oleh keluarga dan kerabat dekat saat MCU sehingga mereka dapat membantu Anda apabila diperlukan.
  • Puasa
    Tanyakan pada dokter atau perawat Anda mengenai perlu tidaknya puasa sebelum melakukan MCU. Biasanya anjuran puasa dilakukan untuk jangka waktu 10 hingga 12 jam. Selama puasa tidak diperkenankan untuk mengonsumsi apapun kecuali air putih.
  • Konsumsi Obat
    Beberapa obat memiliki dampak langsung terhadap hasil tes darah. Namun apabila pengonsumsian obat tidak dapat dihindari, maka Anda diwajibkan untuk menginformasikan semua obat-obatan yang dikonsumsi tersebut kepada dokter atau perawat.
  • Berolahraga
    Sebelum melakukan MCU, Anda tidak dianjurkan untuk berolahraga ataupun melakukan aktivitas yang berat karena dapat berdampak terhadap tekanan darah Anda. Berolahraga cenderung meningkatkan tekanan darah, sehingga dikhawatirkan hasil MCU dapat mendiagnosa Anda mengalami hipertensi yang tidak Anda derita.
  • Tidur Cukup
    Kualitas dan kuantitas tidur juga memiliki kaitan dengan tekanan darah. Karena itu pastikan bahwa waktu tidur Anda sebelum MCU sudah cukup. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam.
  • Waktu pemeriksaan
    Meskipun tidak diwajibkan, biasanya MCU dilakukan pada pagi hari. Hal ini dilakukan karena pagi hari merupakan saat terbaik tubuh setelah beristirahat semalaman penuh. Terlebih aktivitas yang dilakukan tubuh pada pagi hari belum terlalu berat, sehingga diharapkan MCU akan memberikan hasil yang akurat dengan pilihat waktu ini.

Prosedur Medical Check Up

Bentuk-bentuk pemeriksaan dalam MCU sangat bervariasi. Umumnya, tes ini disesuaikan dengan usia, jenis kelamin dan kondisi kesehatan pasien. Pemeriksaan kesehatan menyeluruh biasanya meliputi :

  1. Pemeriksaan riwayat kesehatan, dimana Anda akan ditanyai sejumlah keluhan kesehatan yang dialami dan gaya hidup, serta kebiasaan Anda yang berhubungan dengan kesehatan.
  2. Pemeriksaan tanda vital seperti denyut jantung, frekuensi pernafasan, suhu tubuh dan tekanan darah.
  3. Pemeriksaan fisik, dimana seluruh bagian tubuh Anda akan diperiksa secara teliti mulai dari kepala hingga kaki oleh dokter. Ikuti instruksi yang diberikan dokter dan jangan ragu untuk bertanya bila tidak mengerti.
  4. Pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan laboratorium, pencitraan, rekam jantung, pap smear, dan lainnya.
Hasil Medical Check Up

hasil medical check upHasil MCU biasanya akan keluar beberapa hari sesudah Anda menjalani pemeriksaan. Dokter kemudian akan menjelaskan kepada Anda hasil dan temuan-temuan dalam pemeriksaan. Apabila ditemukan kelainan pada hasil MCU, Anda akan dianjurkan untuk melakukan evaluasi lebih lanjut mengenai kelainan tersebut. Namun jangan takut, tetap ikuti saran dokter mengenai apa yang harus dilakukan selanjutnya. Terkadang takut akan hasil pemeriksaan inilah yang membuat sebagian orang enggan melakukan MCU.

Seiring bertambahnya usia seseorang, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin guna mencegah potensi berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Jadi jangan menunggu hingga munculnya penyakit, baru melakukan MCU. Lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik mengetahui sejak dini sehingga komplikasi dapat dihindari. Dengan demikian biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dan usia harapan hidup menjadi lebih panjang.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Yuks tanya2 disini..